Foto saya
Sanggau, Kalimantan Barat, Indonesia
Pendidik

Kamis, 27 September 2012

Tawuran Pelajar

        Akhir-akhir ini kita disuguhi berita tv tentang tawuran pelajar di Jakarta, tawuran antar pelajar sekolah di Jakarta ini bahkan sampai membawa korban meninggal dunia, ironis seaklai pelajar yang seharusnya belajar di sekolah menggali ilmu untuk masa depan dirinya dan masa depan bangsa dan negara ini malah berkelahi di jalanan seperti manusia yang tidak beradap.
          Pertanyaan bagi kita semua... apakah tawuran pelajar ini masih pantas disebut kenakalan remaja? atau sudah selayaknya kita sebut tindak kriminal yang harus di tindak secara pidana? Untuk menjawab pertanyaan ini tentunya para ahli hukum yang lebih tau. 
Sebagai pendidik yang mesti kita lakukan agar kedepan tidak lagi terjadi peristiwa seperti ini adalah kita perlu melakukan bimbingan/pembinaan dengan menggunakan pendekatan yang lebih manusiawi, merasa diterima, merasa aman, merasa ... merasa yang lainnya,  agar peserta didik kita dapat berkembang menjadi manusia yang bukan hanya pintar ... tapi juga berahklak. 
         Pendekatan semacam itu disebut "Attachment Theory", ada beberapa definisi "Attachment Theory" menurut para ahli :

@  Suatu ikatan emosional yang melibatkan keinginan untuk mencari dan mempertahankan kedekatan dengan orang tertentu, terutama dalam keadaan sulit, yang menyediakan adanya rasa aman, perlindungan dan keselamatan (Carruth, 2006: 72)
@   Sebuah ikatan yang kuat dan berlanggsung lama yang secara biologis berasal dari fjungsi untuk melindungi dari bahaya (Wilson, 2001 dalam Carruth, 2006: 72)
          Untuk memahami teori ini ada baiknya teman-teman membaca jurnal ini "Attachment-informed Supervision for Social Work Field Education (C. Susanne Bennett), bisa di download disini: http://Attachment-informed+Supervision+for+Social+Work+Field+Education+(C.+Susanne+Bennett)semoga bermanfaat.

Jakarta, 28 September 2012
yang sedang belajar menulis


Poheng Gew


          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar