Foto saya
Sanggau, Kalimantan Barat, Indonesia
Pendidik

Senin, 26 November 2012

Musibah atau Ketidakmampuan

Konon katanya nasib, rejeki, jodoh ... itu ada ditangan Tuhan, aliran ini beranggapan bahwa dalam hidup ini manusia tinggal menjalani skenario yang sudah dibuat Tuhan, pasrah, nrimo, menerrima apa yang ada, nggak boleh neko-neko. Tapi apakah betul demikian? Ada aliran lain yang agak lebih fleksibel ... bahwa manusia harus berusaha sekuatnya untuk mengubah nasib, rejeki dan jodoh itu, tidak boleh hanya menunggu dan menunggu, istilah lain (kalau tepat) "Jemput Bola" artinya manusia lebih aktif-lah...(apa betul ya??? heeeeee).
          Ada kejadian kapal penumpang ditbarak oleh kapal Cargo, pesawat Bravo 202 jatuh di Bandung air show, KRI Klewang terbakar di Bayuwangi Jatim. Apa kaitannya prolog diatas dengan peristiwa yang terjadi itu? Tidak ada hubunngan apa-apa, hanya saya mau mencoba mengungkapkan bahwa kejadian yang terjadi baru-baru ini di negeri kita yang tercinta ini jangan kita pandang sebagai nasib/musibah saja. Ada unsur human eror (kesalahan manusia), human eror ini bisa dipandang sebagai ketidakmampuan. ambil contoh dari peristiwa diatas ..KRI Klewang yang terbakar di Bayuwangi adalah kapal canggih ... tapi kenapa   bisa terbakar di laut, yang semestinya kalau ada percikan api sekecil apapun bisa diatasi oleh kapal yang canggih itu... ada kelalaian disini ...Apa? perawatan kapal, manusia yang mengendalikannya.
Contoh lain pesawat Brovo 202 yang jatuh di Bandung Air Show...peristiwa tersebut bukanlah "nasib" si pilot sudah ditakdirkan harus meniggal dalam peristiwa seperti itu ... tetapi ... seklai lagi ... ada human eror disana, apa misalnya human ereornya? misalnya apakah pesawatnya sudah dicheck secara benar (layak atau tidak untuk terbang), sang pilot pada saat terbang apakah benar-benar fit (medical check up), apakah ada lisensi untuk terbang (layson).... konon katanya di negeri orang sana untuk bisa melakukan terbang akrobatik di udara seorang pilot harus melakukan latihan bertahun-tahun memenuhi jam yang harus dipenuhi....
          Dari peristiwa ini kita hendaknya berkaca, jangan terlalu mudah mencari kambing hitam yang bernama "MUSIBAH".

1 komentar:

  1. cari kambing putih, amibl susunya, dan bisa disate juga dagingnya...

    BalasHapus